Kapolres Ciamis, beri edukasi saat hadiri acara pelatihan kader lanjut PC PMII kabupaten ciamis


Sambar.id, Ciamis - Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., menghadiri kegiatan pelatihan kader lanjut ke-II PC PMII Kabupaten Ciamis. Pelatihan tersebut berlangsung di Aula Gedung Kantor BKPSDM Kabupaten Ciamis, Maleber, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat, 5 Juli 2024, malam.


Kehadiran Kapolres Ciamis Polda Jabar dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada para peserta pelatihan kader lanjut ke-II PC-PMII Kabupaten Ciamis. Mengingat kehadirannya selain untuk bersilaturahmi juga menjadi pemateri.


"Materi yang saya sampaikan dalam pelatihan kader lanjut ke-II PC PMII Kabupaten Ciamis semalam berkaitan dengan pemahaman serta motivasi ke setiap peserta. Tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Polri apa yang disampaikan," ujar Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal, SH., S.I.K., M.H., dalam keterangan resminya, Sabtu (6/7/2024).


Kapolres Ciamis Polda Jabar turut menyampaikan bahwa kerja nyata PMII dalam mendukung pembangunan harus diperkuat. Tentu itu harus dengan kemampuan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia.


"Kami harapkan PMII mampu mengawal arah pembangunan pemerintah. Selain itu juga harus memiliki wawasan kebangsaan serta tantangan keberagaman di era media sosial," kata AKBP Akmal.


Tak hanya itu, Kapolres Ciamis Polda Jabar turut menyampaikan tentang upaya unuk menjaga wawasan nusantara dan peran elemen masyarakat untuk menjaga terus kebinekaan. Serta turut mensosialisasikan peran 4 pilar.


Pertama Lembaga pendidikan, yaitu dengan menanamkan sejak dini perbedaan bukanlah suatu yang harus di pertentangkan namun harus menjadi kekuatan yang saling melengkapi. Kemudian para tokoh baik Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda harus bisa membangun kesadaran, arahan, contoh tauladan dalam kehidupan yang penuh keharmonisan dan toleransi. 


Ketiga terkait Eksekutif, Legislatid dan Yudikatif. Dimana mereka harus mampu menjamin kehidupan yang penuh toleransi dan harmonisasi. Melalui penguatan regulasi, dukungan anggaran badan, struktur dan sistem dapat bekerja dalam rangka kehidupan masyarakat dan nilai-nilai kebinekaan.


"Peran Polri sendiri yaitu dalam rangka memelihara Kamtibmas, penegakan hukum, memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat. Itu semua dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam Negeri seperti yang teruang dalam Pasal 5 UU RI No. 2 thn 2002," kata AKBP Akmal.


Kapolres Ciamis Polda Jabar menambahkan, Polri berharap peran serta Mahasiswa di dalam ikut serta mengawal pembangunan bangsa dalam mewujudkan Kesejahteraan bagi masyarakat.(d3r*)

Lebih baru Lebih lama