FKDT Gelar Pawai Ta'aruf Peringati Hari Besar Islam Bersama Madin se-Kecamatan Grati


SAMBAR.ID// PASURUAN - Dewan Pimpinan Cabang FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmilliyah) Grati, gelar acara PHBI 1 Muharram 1446 Hijriyah dimeriahkan dengan berbagai lomba dan pawai ta'aruf tahun baru Islam disertai gema takbir dan Sholawat Nabi Muhammad SAW, berada di lapangan Sekolah MAN IC (Man Insan Cendikia)  Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. 


Hadir, KH Abd Mujib Imron, SH.MA. selaku pembina FKDT Kabupaten Pasuruan, H M Sudiono Fauzan S.Ag.,M.M. ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Muhammad Khilmi S.Pd, Camat Grati, Forkompinda, Kadis Kemenag, beserta jajarannya masing-masing, serta ribuan pelajar peserta dari 80 lembaga Madin (Madrasah Diniyah) se-Kecamatan Grati, Minggu Pagi (28/7/24).


Gebyar PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yang rutin diadakan setiap tahun di bulan Muharram berjalan sekitar 10 tahun dengan tema, "Satu Barisan Bersama Madin, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Dalam Mewujudkan Generasi Emas yang Berkarakter dan Tafaqquh Fiddin" dengan start jam 7:00 wib dari halaman PT Dewe Residence menuju lapangan sekolah MAN Insan Cendekia Grati.


Bermacam-macam giat lomba olahraga yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2024 dan lomba seni pada tanggal 27 Juli 2024, yang titik puncaknya diadakan pawai ta'aruf dan pembagian hadiah bagi para pelajar yang meraih juara pada hari ini yang disediakan oleh DPC FKDT.

Menurut Panitia lomba, kegiatan  ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menyemarakkan dan menyebar luaskan syi'ar Agama Islam dengan mengambil hikmah sekaligus mewarisi semangat tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H.


"Pawai ta'aruf merupakan media Ukhuwah Islamiyyah yang amat efektif bagi Umat Islam diwilayah Grati, khususnya bagi para pelajar yang merupakan generasi penerus Bangsa. Nilai positif ini harus senantiasa kita pelihara dan dilestarikan dalam setiap jengkal perjalanan waktu. Semoga dengan adanya acara ini seluruh Madin di wilayah Grati tetap solid," jelas Jazulli.


"Mudah-mudahan Madin kecamatan grati semakin jaya, dan acara ini sudah terbukti dengan adanya acara ini FKDT Kecamatan Grati tahun kemarin sudah meraih juara umum yang ke-7 di Kabupaten Pasuruan. pada hari ini ada beberapa lomba dari cabang lomba, yang pemenangnya nanti akan dikirim tingkat kabupaten," imbuhnya.

H Agus Sugiono selaku ketua Yayasan Madin "Al Istiqomah"  Dusun Buntalan yang merupakan salah satu peserta PHBI dimana Murid didiknya telah berhasil memperoleh juara 2 pidato bahasa Arab putri, juara 3 lari sprint putra, juara 2 MTQ putra, juara 2 MTQ Putri dan juara 3 Nadzom Imrithi Putra.


"Alhamdulillah, kami Guru-guru pengajar merasa bangga atas perolehan juara murid didik kita, kami berharap semua pelajar Al Istiqomah makin giat dan terus bersemangat supaya kedepannya bisa meraih prestasi yang lebih gemilang dan semoga para santri mempunyai ilmu yang bermanfaat untuk masa depan dan keluarganya, serta berguna bagi Nusa dan Bangsa," tuturnya. (Ilmia)

Lebih baru Lebih lama