Danramil 10/Bangil Pimpin Upacara Pembukaan Peralihan Golongan


PASURUAN - Sambar.id - Gerakan Praja Muda Karana atau lebih dikenal sebagai Gerakan Pramuka, adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan diantaranya pendidikan kepanduan.


Berjalannya waktu, setelah mengenyang banyak pengalaman adik-adik Pramuka yang tergabung dalam Saka Wira Kartika binaan Kodim 0819/Pasuruan pada saat ini dilaksanakan apel pembukaan dalam rangka peningkatan golongan saka.


Kegiatan pembukaan diikuti sebanyak 25 orang peserta Pramuka dan dipimpin langsung oleh Danramil 0819/10 Bangil Kapten Kav Nasrokin, yang bertempat di halaman Makoramil 10/Bangil. (Jum'at, 12/7/2024).


Dalam amanatnya Kapten Nasrokin menyampaikan bahwasannya Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik telah di didik untuk memberikan perhatian terutama terhadap sesama dan siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. 



“Semua bentuk pengabdian diharapkan sejalan dengan kode kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya," terang Danramil 10/Bangil.


Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan,” pungkasnya.


Selesai kegiatan upacara pembukaan, Ny. Nenny Purwanti selaku Pamong Saka Wira Kartika saat dikonfirmasi via tlfn menyampaikan bahwa sebanyak 10 peserta Pramuka akan dinaikkan golongan dari Bantara ke Laksana di Saka Wira Kartika. 


Nantinya para peserta yang akan beralih golongan tersebut akan menempuh pelatihan selama 2 hari 1 malam. Dan ini merupakan momen awal untuk memberikan penghargaan kepada anggota saka wirakartika yang telah banyak mengenyang pengalaman dalam mengikuti giat saka, "pungkas Nenny".


Hadir dalam kegiatan apel pembukaan dalam rangka peningkatan golongan saka wira kartika kodim 0819/ Pasuruan antaralain Kapten Kav Nasrokin (Danramil 0819/10 Bangil), Ibu Neni (Pembina Harian Pramuka), Peltu Zainal (Tim Kesehata Kodim 0819/Pasuruan) dan Peserta Upacara Saka Wira Kartika sebanyak 25 Orang.


(Al/01)

Lebih baru Lebih lama