Bijak...! Mengevaluasi Program ALMI-J 3 Tahun Kebelakang yang Belum Terealisasi

SAMBAR.ID// JEPARA - Di tengah dinamika yang terjadi, banyak organisasi yang terus berupaya menyesuaikan diri dengan perubahan, termasuk  Aliansi Lintas Media Indonesia Jepara(ALMI-J). Lima tahun ke depan menjadi periode penting bagi ALMI-J untuk merealisasikan program-program yang tertunda di tiga tahun sebelumnya. Momen ini menjadi kesempatan untuk merefleksikan langkah yang akan datang, dengan harapan besar pada semangat,  integritas, dan kebijaksanaan anggota dalam menghadapi tantangan baru.Kamis( 25/07/2024)



Wakil Ketua yang baru Sunarso yang baru saja di Kukuhkan untuk periode 2024-2029 berharap agenda dan rencana yang belum diterapkan di Tiga Tahun silam dan  beberapa program yang belum terealisasi dalam tiga tahun terakhir sedikit banyak telah menghambat perkembangan organisasi. 



Sunarso Mengatakan "Hal ini bukan tanpa alasan, berbagai faktor baik internal maupun eksternal berkontribusi terhadap penundaan program yang belum berjalan tersebut,"kata Narso.



Namun, ini menjadi catatan penting untuk evaluasi dan perencanaan ke depan, alasan Program Belum Terealisasi dengan adanya Kekurangan sumber daya, baik finansial maupun manusia, serta perubahan lingkungan eksternal yang cepat dan tidak terduga, merupakan bagian dari alasan utama kelambatan ini menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya fleksibilitas dan adaptasi dalam mengelola organisasi,"ujar Narso sesuai acara pengukuhan.



Diera kepengurusan baru membawa semangat dan harapan baru, ada kesadaran yang meningkat tentang pentingnya menjadikan program-program yang belum terealisasi sebagai prioritas, rencana ini akan melibatkan penataan kembali sumber daya, peningkatan kapabilitas organisasi, dan pengembangan strategi yang lebih adaptif terhadap perubahan,"tambah nya.



Sunarso mengaku dirinya akan meninjau kembali dan memprioritaskan program yang paling mendesak dan relevan,

menyusun rencana aksi yang realistis dengan timeline yang jelas dan terukur,

meningkatkan keterlibatan anggota dan pemangku kepentingan melalui komunikasi yang efektif," imbuh Narso.



"Kami berharap setiap anggota ALMI-J dapat bersemangat dalam mengemban tanggung jawabnya, menjunjung tinggi integritas dalam setiap tindakan. Semangat ini diharapkan menjadi pemicu terciptanya sinergi yang kuat dalam organisasi, yang pada akhirnya akan mendorong realisasi program-program yang telah direncanakan dengan bijak"pungkasnya.



Tak kaleh pentingnya, meningkatkan kebijaksanaan dalam bersikap menjadi kunci utama dalam menavigasi organisasi di tengah ketidakpastian. Pelatihan, sharing session, dan diskusi reguler mengenai nilai-nilai organisasi dapat menjadi beberapa cara untuk mendorong kebijaksanaan anggota. Pengembangan sikap ini tidak hanya penting untuk keberhasilan organisasi tetapi juga pertumbuhan pribadi anggota.


Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, kami optimis dapat mewujudkan harapan yang ada. Lima tahun ke depan tidak hanya akan menjadi saksi dari kemampuan organisasi untuk tumbuh dan mengatasi tantangan, tetapi juga dari pengembangan karakter anggota ALMI-J secara keseluruhan.(Team)



( Toni-Kabiro Jepara )

Sumber : AMIJ

Lebih baru Lebih lama