Bersama Warga, Tim Siraju Polres Jepara Gelar Doa Bersama Sambut Tahun Baru Hijriyah


 SAMBAR.ID// Jepara – Polres Jepara | Polisi dan warga mengelar acara doa bersama menyambut datangnya tahun baru 1 Muharam 1446 Hijriah. Mereka berdoa untuk keselamatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), termasuk pengamanan aksi balap liar pada bulan Muharam/Suro ini.


Acara tersebut dilaksanakan di lokasi balap liar di Jalan Raya Rengging - Ngabul, Kecamatan Pecangaan, Minggu (7/5/2024) dini hari. 


Doa bersama itu bertajuk 'Doa Manakib dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah 1 Muharram 1446 H'.


Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Ipda Hariyono selaku Katim Patroli Presisi Siraju berterima kasih kepada warga yang sudah menggelar doa bersama. Harus ada sinergi agar keamanan tetap terjaga.


"Ini yang kita harapkan. Kita bersama masyarakat harus ada sinergi seperti ini. Sinergi untuk keamanan terjaga. Ini mudah-mudahan bisa terus berkelanjutan. Masyarakat bisa bersinergi, bahu-membahu menjaga kamtibmas," ujar Ipda Hariyono.


Ia berharap doa bersama ini bisa menjadi momen merajut kesatuan dan persatuan antar umat beragama, khususnya di wilayah Kabupaten Jepara.  


Katim Patroli Siraju menambahkan, tahun baru 1 Muharam 1446 Hijriah bisa dijadikan momen berubah menuju lebih baik.


"Inti dari peringatan 1 Muharam, agar diri kita masing-masing menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Maka dari itu, kita berdoa bersama semoga tahun ini lebih baik, berdoa agar dalam menjaga Kamtibmas, termasuk pengamanan aksi balap liar ini selamat," ucapnya.


Usai menggelar doa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan patroli gabungan antisipasi balap liar.


Patroli ini melibatkan seluruh elemen, mulai dari Tim Patroli Presisi Siraju, Polsek Pecangaan, termasuk anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa.


Tidak hanya itu, patroli ini juga melibatkan perangkat desa serta masyarakat Desa Troso dan Rengging yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Anti Balap Liar.


"Selain personel Tim Patroli Presisi Siraju Polres Jepara dan Polsek Pecangaan. Tiga pilar bersama warga setempat juga melaksanakan hal yang sama yakni kegiatan patroli gabungan antisipasi balap liar," ucap Ipda Hariyono.


Pada patroli tersebut, petugas gabungan menyasar titik rawan dan tempat keramaian. Hal ini dilakukan untuk memastikan situasi kondusif.


"Kami akan terus melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan demi menciptakan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan," tuturnya.


Selain itu, Ipda Hariyono juga meminta kepada masyarakat agar bisa langsung melaporkan keluhan terkait ketertiban dan keamanan masyarakat atau ingin mendapatkan informasi terkait kepolisian dengan cara menghubungi melalui pesan Chatbot Siraju pada aplikasi WhatsApp di nomor 08112894040 atau Call Center Polri 110 yang aktif 24 jam.


"Masyarakat cukup pesan atau WA ke Chatbot Siraju menggunakan gawai, atau telpon ke nomor Call Center Polri 110 nanti bisa langsung terhubung ke fasilitas layanan kepolisian. Nanti laporan tersebut akan diteruskan ke wilayah kepolisian masing-masing sesuai lokasi yang dilaporkan," pungkasnya.


Sementara itu, Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusiyanto mengatakan, bahwa kegiatan patroli ini akan terus dilakukan untuk mengantisipasi aksi aksi balap liar.


Khususnya di malam Minggu sehingga diharapkan bisa memberi efek jera bagi anak-anak muda, karena aksi tersebut sangat mengganggu dan membahayakan bagi pengendara.


“Khususnya untuk mereka sendiri apabila terjadi kecelakaan,” katanya.


Selain itu, sambung Iptu Rusiyanto, pihaknya juga mengapresiasi kerja sama dengan masyarakat sekitar yang sangat aktif dengan membentuk ‘satgas anti balap liar’ untuk memberikan informasi terkait aktivitas balap liar. 


Masyarakat juga memiliki peran penting dengan melapor jika ada kegiatan yang mencurigakan.


“Kami mengapresiasi keaktifan warga masyarakat setempat. Kerja sama ini sangat penting agar kami bisa bertindak cepat dan efektif,” jelasnya.


Dengan patroli malam yang intensif, diharapkan angka balap liar di wilayah Kabupaten Jepara dapat ditekan dan situasi keamanan serta ketertiban umum semakin terjaga.


Polres Jepara berkomitmen untuk terus melakukan upaya preventif dan penegakan hukum guna menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh warga.


( Toni-Kabiro Jepara )

Sumber : humas polres Jepara 

Lebih baru Lebih lama