Babinsa Koramil 0819/25, Laksanakan Edukasi MPLS

 

PASURUAN - Sambar.id - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), merupakan kegiatan yang penting dilaksanakan bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, membiasakan diri dengan jadwal serta kegiatan sekolah dan mengenal teman-teman baru, para guru beserta staf. Selain itu, MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi dan kepemimpinan.


Pada kesempatan pagi ini, Sertu Bambang didampingi beberapa Babinsa yaitu Serda Ali Ridwan dan Koptu M. Dori, yang kesehariannya berdinas di Koramil 0819/25 Gadingrejo melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial di SMPN 3 Kota Pasuruan, dalam rangka mendukung kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).


Terlihat dilapangan Babinsa memberian edukasi kepada siswa SMKN 3 Kota Pasuruan tentang perihal pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal tersebut sangatlah diperlukan agar nantinya para siswa dapat memahami sejarah. Selain itu, dalam kegiatan MPLS para Babinsa anggota Koramil 0819/25 Gadingrejo juga menyampaikan beberapa materi beserta prakteknya kepada siswa-siswi SMKN 3 Kota Pasuruan.


Adapun materi tambahan yang di berikan antara lain teori praktis baris berbaris, gerakan dasar PBB (Peraturan Baris-Berbaris) dan Yel yel penyemangat sebagai penutup. (Kamis, 18/7/2024).


"Pengenalan Lingkungan Sekolah atau kita sebut MPLS merupakan program penyambutan siswa baru sebelum memulai proses belajar mengajar. Kegiatan tersebut sangatlah diperlukan diantaranya untuk pengenalan lingkungan sekolah guna mendukung proses pembelajaran selanjutnya", Ungkap Babinsa Sertu Bambang.


Pelaksanaan MPLS diatur dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016. Dalam regulasi itu dijelaskan pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah, "Pungkas Babinsa. 


(Al/01)

Lebih baru Lebih lama