Batalyon B Brimob Polda Sulteng Tingkatkan SDM Imam Mesjid, Garda Pencegahan Radikalisme

Satgas Ops Madago Raya melalui Satgas II Preemtif kembali menggelar peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara' di Aula Pertemuan Hotel 99, Poso/F-IST 


Sambar.Id, Poso, Sulteng - Satuan Batalyon B Pelopor Brimob Polda Sulteng melalui kembali menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara' di Aula Pertemuan Hotel 99, Poso, Selasa (25/6/2024). 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran Imam Masjid dan Pegawai Syara' dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme di wilayah Kabupaten Poso.


Agenda tersebut yang dihadiri oleh puluhan orang Imam Masjid dan Pegawai Syara' ini menghadirkan dua narasumber, yakni diantaranya, Prof. Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag (Ketua FKUB Prov. Sulteng) yang membawakan materi tentang "Moderasi Beragama sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa".


H. Suhardi, S.Pd.I.,MM, selaku Kepala KUA Kecamatan Lore Utara Kab Poso, yang membawakan materi tentang "Peran Imam Masjid dan Pegawai Syarah' dalam Menangkal Paham Radikal dan Intoleransi".


Melalui sambutannya, Kasatgas II Batalyon B Pelopor Brimob Polda Sulteng , AKBP Moh. Taufik, menyampaikan bahwa giat ini merupakan salah satu program prioritas memelihara kamtibmas serta mencegah radikalisme di Sulteng, khususnya di Poso.


"Imam Masjid dan Pegawai Syara' memiliki peran penting dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme karena mereka memiliki pengaruh besar di tengah masyarakat," ujar AKBP Moh. Taufik.


Dirinya berharap para Imam Masjid dan Pegawai Syara' dapat menjadi ujung tombak dalam menangkal paham radikal dan intoleransi di wilayahnya.


"Ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di wilayah tempat tinggalnya," harap AKBP Moh. Taufik.




Kegiatan ini disambut baik oleh para Imam Masjid dan Pegawai Syara'. Mereka antusias mengikuti kegiatan dan merasa mendapatkan banyak manfaat.


"Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Batalyon B Pelopor Brimob Polda Sulteng  yang telah melaksanakan kegiatan ini," kata salah satu peserta kegiatan.


"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kami dalam menangkal paham radikal dan intoleransi," imbuhnya.


Para peserta kegiatan juga berharap agar pelatihan SDM Imam Mesjid ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.


Kegiatan peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara' merupakan langkah penting dalam menjaga kamtibmas dan mencegah radikalisme di wilayah Kabupaten Poso. 


Peran Imam Masjid dan Pegawai Syara' sangatlah penting dalam upaya ini. Dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka, diharapkan membantu dalam mewujudkan kondusifitas wilayah dan mencegah penyebaran paham radikal dan intoleransi. (**)

Lebih baru Lebih lama