Sambut Hari Bhayangkara Diwarnai Aksi Tanam Mangrove Hingga Bersih-Bersih Pantai di Jepara


SAMBAR.ID// Jepara -Polres Jepara | Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke 78, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial bersama dengan elemen masyarakat.

Salah satunya kegiatan bakti sosial berupa penanaman ribuan bibit pohon mangrove dan bersih-bersih pantai yang digelar di pesisir pantai Prawehan Bandengan, Jepara, Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pasiops Kodim 0719/Jepara Lettu Inf Tofik Armadi, Petinggi Desa Bandengan Sumadi beserta perangkat desa, pejabat utama Polres Jepara, TNI, Forkopimcam Jepara Kota, Dinas Lingkungan Hidup Jepara, Saka Bhayangkara hingga kelompok nelayan dan tamu undangan lainnya.

Mereka ikut ambil bagian bersama semua elemen untuk melaksanakan penanaman pohon mangrove dan cemara sejumlah 1.000 pohon.

Kapolres Jepara dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon mangrove dan bersih-bersih pantai ini diadakan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli nanti 2024.

Selain itu, melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin berpartisipasi dalam melestarikan alam melalui perbaikan hutan mangrove di wilayah tersebut.

“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari Bhayangkara yang ke-78 dimana beberapa waktu lalu kita telah menggelar beragam kegiatan, seperti tabur bunga, anjangsana, bakti sosial hingga bakti kesehatan kepada masyarakat Jepara. Dan pada hari ini, kita menggelar penanaman bibit pohon mangrove dan cemara sebagai bagian dari komitmen kita untuk senantiasa mendukung upaya pelestarian alam dan aktif berkontribusi dalam mempertahankan keanakeragaman flora dan fauna di Indonesia,” ujar AKBP Wahyu.

Menurutnya, upaya penanaman bibit mangrove di daerah pesisir pantai Prawehan ini bertujuan untuk pelestarian hutan bakau atau mangrove di Desa Bandengan, mengingat tanaman mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi dan juga menjadi tempat berkembang biak ikan maupun kepiting bakau yang ada di pesisir.

"Selain menanam mangrove sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi pantai, kami juga melakukan bersih-bersih pantai," ucapnya.

Mantan Kapolres Sukoharjo ini juga mengajak warga masyarakat untuk senantiasa melakukan upaya pelestarian hutan Mangrove, dimana keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai memiliki banyak manfaat bagi warga masyarakat.

Ditempat yang sama, Petinggi Desa Bandengan Sumadi mengucapkan, apresiasi kepada jajaran Polres Jepara yang telah menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove dan pembersihan Pantai dimana suatu aksi yang sangat bermanfaat untuk manusia.

“Kami mengucapkan hari Bhayangkara ke 78, Polri tetap semangat dan terus semangat sukses selalu untuk jajaran Polres Jepara,” ujarnya.

Sementara salah satu warga Desa Bandengan yang juga tergabung dalam kelompok nelayan bernama Busono (72) menyambut baik kegiatan penanaman bibit mangrove dan bersih-bersih pantai oleh jajaran Polres Jepara.

“Kami sampaikan terima kasih atas penanaman saat ini, karena ini sangat membantu masayarakat,” ujarnya.

Menurutnya, penanaman mangrove sangat penting karena dapat mencegah erosi dan abrasi pantai. Keberadaan mangrove juga bisa menjadi upaya untuk mengembalikan dan melestarikan ekosistem pantai.

“Mangrove juga merupakan tempat tinggal yang cocok dan baik bagi banyak hewan-hewan laut. Kalau tidak kita semua siapa lagi yang akan peduli,” imbuhnya.


( Toni-Kabiro Jepara )
Sumber : humas polres Jepara 
Lebih baru Lebih lama