KAMPUNG BERSIH RENTENIR (KBR) KELURAHAN PASANGGRAHAN KECAMATAN UJUNGBERUNG KOTA BANDUNG

 




KAMPUNG BERSIH RENTENIR (KBR)  KELURAHAN PASANGGRAHAN KECAMATAN UJUNGBERUNG KOTA BANDUNG


Sambar. Id-Ujungberung -Pelatihan KBR Ke-1.2.3 dan di lanjutkan ke KBR 4 dengan Peningkatan Kemandirian Kelompok yang akan Menopang Kehidupan. Dalam rangka pelaksanaan Kampung Bersih Rentenir (KBR) Program Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung. untuk turut serta dalam kegiatan tersebut  Jum’at, 28 Juni 2024 Waktu : Pukul 08.30 S/d 11.00 WIB.Tempat : Buruan Sae KBR RT.02/11 Sekemala Kelurahan Pasanggrahan.Acara kegiatan : Pelatihan Ke-4 Peningkatan Kemandirian Kelompok (Kurasi Produk UMKM)

Acara di hadiri :

*Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung yang di wakili kasi pengawasan dan peningkatan bapak  R. Acep wasita.S & Galih

*Ketua Harian SATGAS Anti Rentenir Kota Bandung diwakili Bpk H. Asep Suherman.

*Lurah pasanggrahan di wakili oleh Kasi Exsbang

*Ketua DPC LPM Ujungberung 

Bpk Deden Sukmaya, SH dan jajarannya. 

* Ketua PKK dan Anggota Kelurahan Pasanggrahan

*Ketua dan Anggota LPM Pasanggrahan

* Ketua RT dan RW.11 Kelurahan Pasanggrahan

*Anggota Bursa KBR RW.11

* Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama RW.11.

*TLE komprof dan jajarannya. 



Maka Tujuan pelatihan ini Tujuannya tidak hanya untuk membebaskan, tapi juga melatih agar masyarakat berdaya supaya memiliki kemampuan  menopang kehidupan ke depan rentenir memang identiknya dengan persoalan keuangan. Tapi setelah itu, masyarakat harus berdaya, sehingga butuh banyak pemangku kepentingan yang dilibatkan.Ujar Bapak Arif (kasi exbang) Pasanggrahan. 


Pelatihan kBR ini harus lebih  bercermin jangan sampai seperti  rentenir karena yang notabennya peminjaman yang Bunganya menjerat hingga mematikan kehidupan orang. Ada kasus karena terjerat rentenir sampai mengakhiri hidup lebih cepat.



Tambah H asep suherman sebagai satgas anti Rentenir sehingga kita harus bisa menangani rentenir tidak bisa cukup dengan Satuan Tugas (Satgas). Satgas Anti Rentenir idealnya  lebih baik terus mempelajari dan banyak belajar dan mendalami secara menyeluruh dengan secara belajar pembikinan program dan pengajuan pengajuan yang di butuhkan. Maka terus bisa hadir di kelurahan pasanggrahan dengan kolaborasi dari berbagai lini.untuk bisa menjauhkan dengan adanya masyarakat yang rusak oleh rentenir. 


Dalam acara pelatihan KBR  4 ini tak hanya dalam konteks seremonial lagi, Maka tidak ingin mendengar, sebulan kemudian ternyata masyarakat terjerat rentenir lagi. Harus diberikan pelatihan yang baik.



Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM   Kota Bandung yang di wakili oleh bapak R. Acep Wasita. S dan bapak Galih, maka  kita harus lebih mau adanya pendampingan di dalam mengajukan advokasi ke Satgas Anti Rentenir. Ada akademisi, lembaga keuangan yang backup, dan media yang terus mencerahkan. Kuncinya masyarakat harus berdaya, kalau tidak, maka akankembali lagi ke bank emok," ujarnya.



Di tengah berkembangnya teknologi, permasalahan lebih kompleks dengan adanya pinjaman online.



Kita terus upayakan peningkatan ekonomi dan edukasi untuk akses pinjaman yang legal. Sampai saat ini dalam pelatihan KBR Rw 11 ini Sebagai momentum pelajaran yang sangant luar biasa dan sangat bermanafaat bagi warga masyarakat di wilayah Rw 11 kelurahan Pasanggrahan kecamatan Ujungberung kota bandung. (*)


Team-red

Lebih baru Lebih lama