Anggota MPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Di Roemah Perdjoeangan

Sambar.id, SUBANG, JABAR - Anggota MPR - RI Fraksi PDI Perjuangan Drs. H Sutrisno, S.E, M.Si, menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan, di Roemah Perdjoeangan, Desa Rawameneng, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Rabu (19/06/2024).


Turut hadir dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan H. Adik LF Solihin, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Subang, H. Oing Abdulrohim Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga) para Ketua PAC wilayah Pantura dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

Dalam paparannya, Anggota MPR-RI Drs.H.Sutrisno, S.E. M.Si, mengungkapkan bahwa nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam memperkuat eksistensi bangsa yang sangat beragam yang bernama negara Indonesia.

"Empat pilar kebangsaan ini penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita," ucap Drs. H. Sutrisno.

Lebih lanjut Drs.H. Sutrisno menambahkan, sosialisasi empat pilar ini penting untuk terus menanamkan kesadaran kepada publik tentang konsep berbangsa yang penuh toleransi, menghargai perbedaan, vertikal moral, gotong royong, dan menghargai hukum.

"Kita sebagai masyarakat yang majemuk harus menjungjung tinggi pancasila sebagai pemersatu," ungkapnya.


Anggota MPR-RI Kelahiran Majalengka ini  mencontohkan bagaimana Pancasila mampu merefleksikan nilai luhur bangsa Indonesia, seperti religiositas, kemanusiaan, nasionalisme, gotong royong, dan keadilan.


"Saya tidak bisa membayangkan sangat ngeri sekali apabila di Indonesia tidak ada Empat Pilar MPR.  Banyak negara yang memiliki keberagaman lebih sedikit dari Indonesia, bisa konflik dan perang yang sangat menyengsarakan rakyat.  Nilai Empat Pilar sebagai perekat bangsa memang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia," terangnya.

"Bung Karno menggali nilai luhur bangsa sehingga lahirlah Pancasila lewat renungan yang mendalam. Dan Pancasila terbukti lintas generasi dalam menjawab segala tantangan zaman," katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Subang dari Fraksi PDI Perjuangan, H. Adik LF Solihin sangat mengapresiasi sekali atas kegiatan sosialisasi empat  pilar kebangsaan yang dilaksanakan oleh anggota MPR RI Drs.H.Sutrisno, S.E, M.Si. Kami sangat mendukung sekali apa yang disampaikan oleh Pa H. Sutrisno tersebut. Nilai-nilai dalam Empat Pilar MPR memang terbukti selama ini mampu menjaga eksistensi bangsa kita.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat terus berupaya memahami dan menjalankan Empat Pilar dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan keluarga masing-masing," tuturnya. (*)
Lebih baru Lebih lama