Serka Purnomo Anggota Koramil 20/Gempol Berikan Pembekalan Wasbang


SAMBAR.ID// PASURUAN - Serka Purnomo, anggota Koramil 20 Gempol, memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) kepada siswa SMKN 1 Gempol. Kegiatan ini diadakan sebagai persiapan bagi siswa yang akan mengikuti Program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ke luar negeri pada tahun mendatang. Selasa (14/5/24)


Kegiatan pembekalan berlangsung di aula SMKN 1 Gempol dan dihadiri oleh kepala sekolah, para guru, serta siswa yang terpilih untuk mengikuti PRAKERIN. Bpk. Valantino ( Guru Tehnis Permesinan), dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembekalan ini agar siswa memiliki pemahaman yang kuat mengenai cinta tanah air dan kesiapan mental sebelum menjalani pengalaman kerja di luar negeri.


Serka Purnomo dalam sesi pembekalannya menekankan pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara sebagai dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga negara, terlebih bagi siswa yang akan membawa nama baik bangsa di kancah internasional. "Kalian adalah duta bangsa. Ketika kalian berada di luar negeri, sikap dan perilaku kalian mencerminkan budaya dan nilai-nilai Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengamalkan wawasan kebangsaan serta sikap bela negara," ujar Serka Purnomo.


Beliau juga memberikan materi tentang nilai-nilai Pancasila, pentingnya persatuan dan kesatuan, serta cara menghadapi tantangan dan rintangan di lingkungan baru dengan tetap menjaga integritas dan identitas sebagai warga negara Indonesia.


Pembekalan ini mendapat respons positif dari para siswa. Mereka merasa lebih siap dan termotivasi untuk menjalani PRAKERIN dengan membawa semangat nasionalisme. Salah satu siswa, Andi Pratama, menyatakan, "Pembekalan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi lebih memahami pentingnya menjaga nama baik bangsa dan siap menghadapi tantangan di luar negeri."


Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana siswa dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada Serka Purnomo mengenai berbagai hal terkait wawasan kebangsaan dan bela negara. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang persiapan mereka dalam mengikuti PRAKERIN.


Kegiatan ini diharapkan dapat membekali siswa SMKN 1 Gempol dengan pengetahuan dan sikap yang diperlukan untuk menjalani PRAKERIN dengan baik serta membawa pulang pengalaman dan keterampilan yang bermanfaat bagi perkembangan diri dan bangsa.

(Al/01)

Lebih baru Lebih lama