Genangan Air Sungai Di Perempatan Tepat Didepan Pegadaian Warungdowo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan Meresahkan Pengguna Jalan

 .

Genangan Air Sungai Di Perempatan Tepat Didepan Pegadaian Warungdowo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan Meresahkan Pengguna Jalan

Pasuruan, Sambar.id - Luapan air sungai karena minimnya kesadaran warga masyarakat yang membuang sampah seenaknya sendiri tanpa memikirkan dampak dan resikonya.Jumat (10/5/2024)


Hal ini dapat terlihat dari genangan air yang meluap hingga ke jalan tepatnya berada di perempatan Jalan Warungdowo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan tepat persis berada di depan pegadaian sebelah selatan pos polisi warungdowo kabupaten pasuruan.


Apabila aliran sungai tersumbat sampah terus berkelanjutan terlebih lagi dikalau musim hujan hal ini akan mengakibatkan air sungai meluap hingga genangan volume air yg terus bertambah karena perjalanan arus air menuju ke sungai akan lebih terhambat dan tidak lancar.


Genangan air pun sempat dikeluhkan oleh beberapa tukang becak yang berawal dari tempat parkir mereka untuk mencari penumpang kini tidak bisa dia tempati karena hari demi hari genangan air tidak dapat surut bahkan sampai berminggu minggu volume meluapnya air sungai terus menerus tak terselesaikan.


Kami menghimbau dalam hal ini Dinas terkait harus segera cek ke lokasi tersebut dan harapan kami tidak hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk mengatasi sampah yang menyumbat saluran sungai itu. Namun warga pun juga harus dituntut untuk berperan aktif dalam melakukan penanggulangan sampah yang menyumbat aliran sungai.


Salah satu caranya adalah dengan membuat sanksi sosial yang harus dilakukan dan disetujui oleh seluruh warga masyarakat setempat. Misalnya ada yang ketahuan membuang sampah dialiran sungai harus diberitahu pertama kali dan diingatkan. 


Peringatan tersebut untuk membuat pembuang sampah tersebut malu dan memberikan peringatan untuk warga lainnya untuk tidak membuang sampah di sungai.


Karena dampak negatif dari membuang sampah secara sembarangan sangat tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab semua orang bisa terkena dampaknya akibat ulah beberapa orang yang membuang sampah di sungai secara terus menerus. Oleh sebab itu sangat penting dan perlu dilakukan beberapa upaya untuk menanggulangi pembuang sampah diselokan tepatnya di jalanya air menuju ke sungai.


Kami juga berharap kepada Dinas terkait agar memasang papan peringatan disekitaran aliran sungai tersebut agar supaya tidak membuang sampah dengan cara sembarangan bila perlu dipasang papan peringatan dan ditulis dengan sanksi pidana dan denda dengan tujuan agar masyarakat yang membuang sampah sembarangan menjadi takut dan jera.

(Yah)

Lebih baru Lebih lama