Syawal Berkah, Pemkab Donggala Hadiri Halal Bihalal di Mesjid Raya, Ini Pesan Pj Bupati

 

Caption : Pj Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris Daerah, Dr. H Rustam Efendy, S.H, MAP, menghadiri Halal bihalal di Mesjid Raya Donggala/F-Abubakar.


Sambar.Id, Donggala, Sulteng - Masih dalam merayakan Lebaran Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala menghadiri agenda Halal Bi Halal di Mesjid raya Donggala yang dihadiri langsung Pj Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris Daerah, Dr. H Rustam Efendy, S.H, MAP, Ahad (21/4/2024).


Agenda tersebut Mayoritas diikuti langsung anak anak sekolah setingkat SMP yakni 4 sekolah yakni diantaranya SMP Limboro, SMP Kabonga, SMP 1 dan 2 Kota Donggala.


Tak ketinggalan pula turut hadir pula sekitar 20 Sekolah setingkat SD, kemudian sebanyak 5 Desa mulai dari Kelurahan Loli Hingga 9 kelurahan lainya di Kabupaten Donggala.


Sementara itu  Pj Bupati Donggala mengawali sambutan singkatnya mengungkapkan, momentum Halal Bi Halal Ini harapanya dapat mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat semua sehingga kebersamaan dapat terus terbina, dan terjaga.


"Silaturahmi masih tetap bisa berjalan dengan baik marilah kita memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan emas sekali setahun ini untuk memohonkan ampunan kepada Allah swt merenung dan melakukan muhasabah diri," ujar Rifani.


Pasca Ramadhan dan Idul Fitri 1445 lanjutnya, kita sebagai umat muslim, dapat menyebarkan energi positif dalam membangun kepribadian dan silahturahmi lingkungan sosial yang lebih utama.


"Bangunlah perilaku individu dan sosial yang membuahkan kebaikan, kedamaian, permaafan, ketulusan solidaritas sosial serta hubungan antar sesama yang saling menebarkan adil dan ikhlas," pintanya.




Kehidupan sosial pun masih diwarnai dengan penyimpangan perilaku masyarakat kita saat ini tengah diancam oleh ganasnya Narkoba,Miras, Kekerasan dan kejahatan seksual serta pengaruh buruk teknologi elektronik.


"Dunia anak-anak dan perempuan tidak bebas dari ancaman sosial, padahal anak adalah permata hati keluarga dan tunas generasi yang akan menentukan nasib bangsa ke depan," ungkapnya lagi.


Kemudian pula tak lupa perempuan juga merupakan pilar penting bangsa, yang semestinya memperoleh pilar penting bangsa yang sebagaimana allah dan rasul memuliakannya selaku Insan Fi Ahsani at taqwim. 


"Di bulan Syawal ini marilah kita mengedepankaan sikap hidup yang benar, baik, dan patut serta menjauhi perilaku yang salah,buruk dan tidak patut berdasarkan nilai-nilai luhur agama dan kearifan budaya bangsa," pungkasnya dalam sambutannya.


Adapun di momen Halal Bihalal tersebut tampak masing-masing masyarakat Donggala uniknya membawa makanan siap saji dan disantap bersama seluruh warga yang hadir guna mempererat tali silaturrahim khususnya sesama muslim diwilayah tersebut. 


Sementara itu tak ketinggalan hadir pada agenda halal bihalal tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Donggala bersama anggota, Ketua Dharma Wanita, Asisten I, II dan II Lingkup Pemkab, Pimpinan OPD yang sempat hadir, unsur Forkopimda,, Camat Banawa, Lurah, Se Kecamatan Banawa.


Turut hadir Tokoh Masyarakat Agama, Adat, Perempuan Se-Kacamatan Banawa serta para panitia Halal bihalal.(Abu bakar/Red).

Lebih baru Lebih lama