Diduga Lupa Matikan Tungku Dapur Usai Masak, Rumah di Lawa Hangus Terbakar


(foto: Ist)

Sambar.Id, Muna Barat, Sultra - Sebuah rumah panggung milik Djafar, yang berada di desa Latompe, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (12/01/2024) sekira pukul 08.30 Wita, hangus terbakar. Kebakaran di duga berasal dari tungku dapur yang lupa dipadamkan oleh pemilik rumah.

Kejadian itu pertama kali diketahui oleh tetangga korban atas nama Wa Ode Lara. Saat itu tiba-tiba Ia melihat gumpalan asap disertai api yang muncul dari dapur rumah milik pak Djafar.

Melihat kondisi tersebut, Wa Ode lantas berteriak sambil memanggil tetangganya untuk membantu memadamkan api.

"Sekitar jam 08.30 saksi melihat ada api di dapur kayu milik pak Djafar, terus Ia berusaha panggil tetangga," ucap Kapolsek Lawa, Ipda Haswan, saat mengurai kejadian.

Terlebih, lanjutnya, saat kejadian rumah milik pak Djafar dalam kondisi tidak berpenghuni karena di tinggal menuju kebun.

"Karena api yang terus membesar (rumah panggung) dan kurangnya warga, akhirnya api tidak mampu di kendalikan dan membakar seluruh isi rumah," katanya.

Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai hingga ratusan juta rupiah. 

Sementara itu, dari pihak pemerintah daerah Mubar, melalui kepala dinas BPBD akan membantu keluarga korban setelah dilakukan pendataan.

"Iya benar, tapi kita masih butuh data laporan kejadian dari pihak desa dan kepolisian," kata kepala Bencana Mubar, Ir Karimin saat dikonfirmasi lewat sambungan telponnya.

"Nantinya melalui itu (data laporan kejadian) akan menjadi dasar kami untuk memberi bantuan sejumlah 25 juta," terangnya.

Reporter: Abu Bakar





Lebih baru Lebih lama