Pj Bupati Mubar Serahkan Tujuh Traktor kepada Kelompok Tani


Sambar.Id, Muna Barat, Sultra - Penjabat Bupati Muna Barat (Mubar), Dr. Bahri, didampingi  Kepala Dinas Pertanian Ir. Nestor Jono, M.Si menyerahkan tujuh unit traktor roda dua kepada ketua kelompok tani di daerah yang sedang dipimpinnya, bertempat di halaman kantor Pertanian Mubar. Kamis (07/12/2023).

Dikesempatan itu, Dr. Bahri dalam sambutannya menyampaikan, penyerahan alat dan mesin pertanian kepada tujuh kelompok tani ini merupakan yang ke dua kalinya. Tujuanya untuk membantu petani menggarap ladang yang ditekuni berlandaskan UU 41 tentang diberikan sarana prasarana bantuan alat dan mesin, yang bersumber dari APBN.

"Sektor pertanian menjadi perhatian dalam rencana pembangunannya. Pada tahun 2024, anggaran pertanian tiga kali lebih besar dibanding tahun 2023. Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan mesin pertanian, pembelian bibit, serta demplot padi dan bawang," ucap Pj Bupati, Dr Bahri.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Lindo Kecamatan Wadaga, Armaya, SP, sebagai penerima manfaat mengucapankan terimakasih terhadap Pemda Mubar terlebih kepada penjabat Bupati Dr. Bahri yang telah menyerahkan Jonder kepada kelompok tani di desanya.

"Saya bersama kelompok tani serta mewakili seluruh masyarakat Desa Lindo mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pj Bupati Muna Barat, atas bantun Jonder yang telah di serahkan hari ini," kata Armaya.

"In sha Allah dengan bantun Alsintan ini masyarakat saya yang hampir 100 % bergerak di bidang pertanian tanaman Pangan dan sayur sayuran dapat mengolah lahan nya dengan mudah, sehingga dapat meningkatkan hasil Produksi yang unggul," sambungnya.

Ia berharap, melalui kepemimpinan Bahri, Mubar terus dapat berkarya sehingga seluruh desa yang ada di Mubar dapat berkembang sejajar dengan desa lainnya di Indonesia.

Ditempat yang sama, ketua kelompok tani  Manggopa, La Fardin, juga mengungkapkan hal senada dengan Armaya. Ungkapan terimakasih disampaikan kepada Pj Bupati.

Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir usulan bantuan jonder telah beberapa kali diajukan lewat proposal saat Musrenbang desa ke dinas Pertanian. Namun, saat ini baru bisa terwujud.

"Nanti Dr Bahri, yang menjadi Pj Bupati baru usulan kami disahuti. Dimana selama ini salah satu hambatan kami sebagai petani kurangnya alat jonder, dan kami bisa dapatkan berkat Pj Bupati, Dr. Bahri," kata La Fardin.

Untuk diketahui dari tujuh kelompok tani penerima traktor roda dua : 

(1) Kelompok tani Tunas Mekar Desa Momuntu
(2) Tunas Mekar Desa Sidomakmur.
(3) Damai Sejahtera Desa Katangana.
(4) Sunda Mekar Desa Wulanga Jaya
(5) Tunas Harapan Desa Parura Jaya.
(6) Sumber Rejeki Desa Abadi Jaya. 
(7) Soliwuku Desa Wandoke.

Sementara itu, satu unit jonder diterima Kelompok Tani Manggopa Desa Lindo, Kecamatan Wadaga.

Reporter : Laode Abubakar
Lebih baru Lebih lama