Peringati Harbak Pekerjaan Umum (PU) Ke-78, Ini Harapan Gubernur Sulteng

Caption : Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Rudi Dewanto bertindak sebagai Irup pada Harbak PU ke 78/F-Adpim pemprov Sulteng 


Sambar.Id, Palu, Sulteng - Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Rudi Dewanto bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bakti (Harbak) Pekerjaan Umum (PU) ke-78 Tahun 2023.


Agenda tersebut mengusung tema ”Digitalisasi Infrastruktur Menuju Konstruksi Jalan Yang Andal Dan Berkelanjutan”. 


Kegiatan itu berlangsung di Halaman Kantor Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (4/12/2023).


Melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas PU Provinsi Sulteng dan seluruh insan PU di Provinsi ,atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan dalam melaksanakan tugas membangun dan membenahi infrastruktur di Sulteng.


Pada tahun 2023 ini, sedang dalam penyelesaian penanganan jalan yang menjadi ruas penting dalam konektivitas antar kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah, di antaranya ruas Biromaru Palolo di Kabupaten Sigi. 


Untuk di Kabupaten Morowali Utara (Morut) pada ruas jalan Beteleme – Nuha, di Kabupaten Banggai Kepulauan pada ruas Salakan – Sambiut. 


"Beberapa ruas ini sangat penting dalam menunjang roda perekonomian di kabupaten demi peningkatan kesejahteraan masyarakat" jelas Asisten II Rudy Dewanto.


Selanjutnya, dalam mendukung pengembangan kawasan pangan nusantara IKN di Kalimantan Timur. Provinsi Sulawesi Tengah yang berjarak relatif dekat diproyeksi menjadi sasaran pasokan komoditas pangan, hasil pertanian dan perkebunan. 


Di bidang pembangunan jalan, hingga saat ini Provinsi Sulawesi Tengah mempunyai jalan dengan kondisi mantap sebesar 1050.19 km pada tahun 2022 dan akan terus meningkat pada tahun 2023.


"Untuk mendukung hal itu prasarana jalan dan konektivitas antar wilayah harus di tingkatkan"Ujarnya 


Guna mewujudkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan berbasis transformasi digital, terdapat beberapa prasyarat yang harus dipenuhi, yakni diantaranya, pertama, yakni pola pikir kolaboratif, visi dan misi kepemimpinan dalam bidang digital, kebijakan yang mudah diimplementasikan, serta Sumber Daya Manusia (SDM) andal.




Kedua, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah -kaidah green infrastructure digital.


Selain itu, Gubernur juga meminta seluruh pimpinan dan jajaran Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan kredibilitas institusi dengan terus meningkatkan semangat, militansi dan kerjasama dalam bekerja.


Gubernur berharap, momen Hari Bakti PU ke-78, menjadi motivasi untuk ke depannya Sulawesi Tengah harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur jalan dan jembatan yang lebih berkualitas, yang smart dan mengusung konsep digitalisasi infrastruktur.


"Kita harus mulai mengadopsi dan membiasakan digitalisasi pada perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan, serta pengambilan keputusan yang lebih didasari pada digitalisasi berbasis data", pungkasnya.


Turut hadir, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Prov Sulteng, Anggota DPRD Prov Sulteng, Unsur Forkopimda serta insan PU. (**)

Source : Biro Admpim Pemprov /Din.Kominfosantik Sulteng 

Lebih baru Lebih lama