KUA di Mubar Terima Randis Dari Kemenag, Untuk Apa?


Sambar.Id, Muna Barat, Sultra - Kementerian agama (Kemenag) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyerahkan bantuan kendaraan dinas (randis) roda dua, kepada sebelas (11) kepala Kantor Urusan Agama (KUA) pada, Kamis (21/12/2023), di halaman kantor Kemenag Mubar, Desa Lapolea Kecamatan Barangka.

Puluhan randis yang diserahkan merupakan hasil perjanjian kerjasama (MoU) Pemda Mubar dengan Kemenag Mubar dalam rangka membantu pencegahan dan penurunan stunting.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh kepala kantor Kementerian Agama Mubar, H. Adnan Saufi, S.Pd., M.Si, usai penyerahan kendaraan operasional.

"Kita sebagai corong pemerintah daerah agar selalu membantu program pemerintah dalam hal pencegahan dan penurunan angka stunting di Mubar. Ketika KUA melaksanakan tugas pernikahan, agar memeriksa berkas terlebih dahulu untuk dipastikan ada rekomendasi dari Puskesmas bahwa yang akan di Nikahkan sudah bebas dari stunting," kata H. Adnan.

"Selain itu agar para KUA sering berkoordinasi dengan pihak puskesmas setempat untuk memastikan ke dua calon pengantin bebas dari stunting," sambungnya.

"Dengan penyerahan kendaraan operasional ini lanjut, H. Adnan, saya dihubungi dari teman-teman KUA yang ada di wilayah  Sultra, mereka katakan sungguh luar biasa kebijakan Pemerintah Daerah Muna Barat, yang begitu besar keperduliannya terhadap Seluruh KUA Se Mubar, telah memberikan bantuan kendaraan bermotor operasional, dan ini yang pertama kali terjadi se Sultra," kata H. Adnan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Dr. Bahri, S.STp., M.Si, yang selalu menyokong kegiatan keagamaan, maupun kegiatan kemasyarakatan, pj Bupati selalu ada memberikan kontribusi, atensi yang berhubungan dengan kegiatan di Muna Barat," tutup H. Adnan.

Untuk diketahui, pemda Mubar memberikan bantuan kendaraan dinas bermotor roda dua sejumlah 15 unit. 11 unit kendaraan diperuntukan kepada seluruh kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan 4 unit kendaraan operasional yang akan diberikan kepada stekholder yang berkaitan dengan pencegahan stunting di Mubar.

Reporter : Laode Abubakar
Lebih baru Lebih lama