Hujan Lebat Picu Longsor, petugas Bergegas atasi Keadaan.



Sambar.id Pekalongan 3/12/2023

Hujan lebat di siang hari telah mengakibatkan tanah longsor di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, tepatnya di Dukuh Gunungsari, Desa Depok. (03/12/2023)


Kejadian tanah longsor tersebut menimpa tiga rumah warga pada sisi bagian belakang bangunan. Dua  rumah rusak parah bagian dapur dan satu rumah tidak begitu parah. Dilaporkan menurut saksi mata di lokasi kejadian, timbunan longsor tersebut masuk kedalam rumah warga sehingga mengakibatkan sejumlah perabotan rumah menjadi rusak. Lantai rumah juga dipenuhi material longsor berupa tanah dan puing yang masuk dari arah dapur rumah-rumah tersebut.


Menurut penuturan Wahmad warga Desa Depok, data pemilik rumah yang mengalami nasib naas tersebut yaitu milik Kardi, Sugeng dan Tarnyo. 


Kronologi Longsor di akibatkan dari hujan deras yang dimulai sejak pukul 12.00  WIB dan kemudian pada pukul 14.00 terjadi longsor. "Pemilik rumah saat itu lagi istirahat dikamar lalu mendengar suara longsoran langsung keluar lari." Ungkap Emon saksi mata saat itu. 


Anggota Polsek Lebakbarang yang saat itu sedang bertugas, langsung sigap bersama Anggota Koramil Lebakbarang untuk memeriksa dan membantu evakuasi lumpur dan material yang masuk ke dalam rumah warga terdampak  timbunan longsor. 


Beruntung kejadian bencana tanah longsor ini tidak menelan korban jiwa namun  kerugian material mencapai kurang lebih Rp50.000.000,. 


Kepala Desa Depok Sucipto segera  mengevakuasi timbunan longsor serta akan dilanjutkan keesokan harinya, bersama dengan masyarakat setempat, jika pada hari yang sama dengan kejadian pihaknya tak tuntas dalam menangani dampak utama dari bencana tersebut.


Sementara itu Doddi Kabid Linjamsos Dinsos Kabupaten Pekalongan menuturkan pihaknya akan segera bertindak saat kami konfirmasi melalui saluran online. "Kita akan koordinasi dg kecamatan dan petugas TKSK di lapangan,  Besok pagi akan kita kirim bantuan logistik makanan siap saji dll di lokasi." Ujarnya(Aziz)

Lebih baru Lebih lama