Bhabinkamtibmas Polsek Pusakanagara Bersama Pemdes Rangdu dan Warga Rame -Rame Turun Kesawah



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Dalam rangka persiapan Masa Tanam musim rendeng Bhabinkamtibmas Desa  Rangdu Polsek Pusakanagara  melaksanakan gropyokan hama tikus, Kamis (28/12/2023).


Kegiatan yang berlokasi di  Peswahan Blok Bengkok Dusun Derik RT.12/04 Desa Rangdu Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang ini  Babinkamtibmas Desa Rangdu Polsek Pusakanagara Polres Subang Bripka Eko Noviandi bersama aparatur Desa Rangdu dan Puluhan warga turun ke sawah guna membasmi hama tikus. Operasi pembasmian hama tikus ini di pimpin langsung oleh Kepala Desa Rangdu Dunengsih.

Kegiatan ini merupakan upaya Pemdes  Rangdu bersama Bhabinkamtibmas dalam rangka  membantu petani,  karena hama tikus merupakan musuh bagi petani, yang dapat merusak tanaman padi yang berakibat mempengaruhi hasil panennya.


Bhabinkamtibmas Desa Rangdu Bripka Eko Noviandi mengatakan, kegiatan gropyokan tikus ini adalah salah satu upaya untuk membasmi hama tikus yang kerap merusak tanaman Padi, kami bersama aparatur Desa Rangdu dan Para Petani bahu membahu membasmi hama tikus dan kegiatan ini sudah dijadwalkan yaitu hari selasa dan hari Kamis setiap minggunya," tutur Bripka Eko.


"Kami berharap dengan adanya kegiatan Gropyokan tikus ini dapat membasmi hama tikus dan kelak panen musim rendeng ini bisa menghasilkan panen yang lebih baik, tidak mengalami puso atau gagal panen.”ucap Bripka Eko.

Sementara itu Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, S.I.K, S.H, M.H, melalui Kapolsek Pusakanagara Kompol Dr.R.Jusdijachlan,S.H.,M.M.,CHRA mengatakan sudah menjadi kewajiban Polri terutama Babinkamtibmas hadir dalam kegiatan di masyarakat, seperti yang dilakukan Babinkamtibmas Desa Rangdu Bripka Eko Noviandi ikut dalam kegiatan Gropyokan hama Tikus.


"Tikus merupakan hama bagi tanaman pertanian yang perkembangbiakannya sangat pesat dan sifatnya merusak. Pengendalian OPT tikus ini penting untuk petani,” tutur Kapolsek.


Lebih lanjut Kapolsek  menghimbau kepada para petani agar tidak menggunakan perangkap tikus atau jebakan dengan strum listrik, karena itu sangat membahayakan petani itu sendiri maupun orang lain," ujarnya.

"Semoga dengan dilaksanakannya  kegiatan Gropyokan hama tikus ini tanaman padi bisa aman dari hama tikus  sehingga petani  dapat menghasilkan Panen padi yang bagus dan melimpah.” pungkas Kapolsek. (*)
Lebih baru Lebih lama