Antisipasi Banjir Jelang Musim Hujan Pemdes Rancaudik Laksanakan Normalisasi Sungai



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Desa (Pemdes) Rancaudik, Kecamatan Tambakdahan, Kabupaten Subang, giat melaksanakan normalisasi saluran air Kalijiwa yang terletak di Blok Pangalun.


Sebelumnya Pemdes Rancaudik juga telah melaksanakan  normalisasi sungai Ciwalungan serta Saluran Sekunder perbatasan antara Desa Rancaudik dan Desa Jatimulya  Kecamatan Compreng serta Desa  Bongas Kecamatan Pamanukan.


"Normalisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi ketika  musim penghujan dan selain itu juga  untuk mengembalikan ukuran lebar dan kedalam sungai," ucap Kepala Desa Rancaudik H. Wahyudin, kepada Sambar.id, Kamis (21/12/2023).


Dijelaskan H. Wahyudin  saluran air Kalijiwa ini merupakan saluran air penampung dimana ketika masuk musim penghujan biasanya di Blok Pangalun ini sering  terjadi banjir dan ketika musim kemarau saluran air ini dimanfaatkan petani untuk menampung air,  sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan normalisasi sungai ini, diharapkan kedepan dapat meminimalisir potensi terjadinya banjir di wilayah Desa Rancaudik," ungkap H Wahyudin.


Lebih lanjut H. Wahyudin mengatakan kegiatan ini juga, sebagai upaya Pemdes Rancaudik,  mencegah terjadinya bencana banjir  dan menciptakan Lingkungan yang sehat. Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya  normalisasi sungai ini  adalah salah satu upaya pencegahan agar saluran sungai tidak terhambat.


"Tentunya ini merupakan implementasi Perintah yang disalurkan melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023,  untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan," punkasnya. (*)
Lebih baru Lebih lama