500 Personel Gabungan Amankan Perayaan Natal 2023 di Mimika

TIMIKA | Sekitar 500 personel gabungan telah dipersiapkan untuk melakukan pengamanan ibadah dan hingga perayaan Natal tahun 2023 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Para personel disiapkan dalam apel gabungan yang dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra di pelataran Gedung Eme Neme Yauware, Minggu (24/12/2023).

Apel gabungan diikuti seluruh unsur terkait mulai dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran (Damkar), Relawan, Organisasi Masyarakat, PMI hingga dan Paguyuban.

Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan seperti ini setiap tahunnya dilaksanakan dan sudah menjadi agenda rutin.

“Bukan berarti kita tidak waspada, tidak serius dan tidak fokus. Karena kenapa, disaat kita lengah, disitulah titik lemahnya kita,” kata Kapolres saat di konfirmasi pers sambar .id. 

Kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023, kata Kapolres, dimulai hari ini 24 Desember hingga 26 Desember 2023 dengan menggunakan sistem pengamanan terbuka maupun tertutup.

“Masing-masing (personel/tim) telah mempunyai tupoksinya yang sudah diplotting (dibagi),” katanya.

Kapolres berpesan agar personel yang melakukan pengamanan natal dapat melakukan komunikasi dan berkolaborasi dengan panitia dimasing-masing gereja.

Ia menekankan agar personel pengamanan dapat bertanggungjawab atas tugas yang telah diberikan, supaya perayaan natal dapat berjalan dengan damai dan tidak ada rasa was-was yang mengganggu selama pelaksanaannya.

“Ini tugas mulia, mari sama-sama kita bertanggungjawab, menjamin saudara kita saat melaksanakan ibadah dengan damai dan nyaman,” ajak Kapolres.

Sementara itu tekait penjualan minuman keras beralkohol dan kembang api, Kapolres mengatakan bahwa terdapat pengamanan secara mobile dengan berdasarkan kebijakan yang telah dibuat untuk ditegakkan.

“Seperti penertiban penjualan minuman keras dan kembang api, itu merupakan kebijakan baik dari pemerintah dan kepolisian. Tolong sama-sama ditegakkan bersama Satpol PP untuk minuman keras dan kembang api, karena maklumat sudah kita keluarkan,” tandasnya.



Rilis : joko lelono
Lebih baru Lebih lama