Wujud Ungkapan Rasa Syukur Kepada Allah SWT Pemdes Kotasari Gelar Ngunjung Buyut dan Sedekah Bumi



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Pemerintah Desa Kotasari, Kecamatan Pusakanagara  Kabupaten Subang, mengadakan upacara adat desa Ngunjung Buyut dan Sedekah Bumi yang merupakan warisan leluhur sebagai ciri khas daerah dan budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan di pemakaman keramat Mbah Buyut Kanisem, Senin (20/11/2023)


“Ngunjung Buyut dan Sedekah Bumi ini, merupakan wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan memperkuat tali silaturahmi juga melestarikan tradisi secara turun temurun di masyarakat desa Kotasari," kata Kepala Desa Kotasari Sulaeman, S.Pd.

Lebih lanjut Sulaeman menjelaskan, tradisi sedekah bumi  dan ngunjung buyut  ini merupakan warisan leluhur dan adat tradisi warga Kotasari yang setiap tahun dilaksanakan  setelah panen dan menyambut musim tanam rendeng.


"Sedekah bumi dan ngunjung buyut ini  tidak hanya diisi dengan doa bersama dan makan bersama dengan masyarakat setempat, namun juga menampilkan pementasan wayang purwa Langen Rahayu" jelasnya.


Kepala Desa yang sudah dua periode menjabat ini berharap, dengan duduk berkumpul membaca tahlil doa bersama, diharapkan dapat semakin mempererat silaturahmi tidak hanya antara pemdes dan warga melainkan juga antara warga dengan warga lainnya.

"Jangan sampai adat tradisi sedekah bumi warisan leluhur ini  hilang, sebagai generasi penerus kita harus bisa melestarikan dan mengenalkan tradisi yang kaya akan makna ini kepada muda-mudi Desa Kotasari," pungkas Sulaeman.
Lebih baru Lebih lama