Dandim 1514/Morotai Hadiri Launching RSUD Sultan Mudaffar Sjah


Sambar.id, Morotai Maluku Utara - Komandan Kodim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal ST.MT hadiri Peringatan Hari kesehatan Nasional ke-59 dan Launching Operasional Rumah Sakit Umum Daerah Sultan H. Mudaffar Sjah Pulau Morotai bertempat di Desa Pangeo, Kecamatan Morotai Jaya pada Rabu (15/11/2023).


Dalam sambutannya Kapala Dinas kesehatan dan KB Pulau Morotai dr. Julius Giscard Kroons mengatakan,"Peringatan hari Kesehatan nasional yang ke-59 tahun 2023 mengusung tema Tranformasi kesehatan untuk Indonesia maju, tema ini sengaja dipilih untuk menggambarkan keberhasilan tranformasi kesehatan di Pulau Morotai," Terangnya". 

"Pada kesempatan ini kami akan membeberkan beberapa keberhasilan  bidang kesehatan di kabupaten Pulau Morotai tahun 2023 diantaranya sbb :          

1. Kabupaten Pulau Morotai Meraih penghargaan Universal health coverage (UHC)Tahun 2023 dari pemerintah pusat dalam waktu 7 tahun secara berturut-turut sebagai wujud nyata Pemda Pulau Morotai mendukung program JKN

2. Kabupaten Pulau Morotai Meraih sertifikat eradikasi frambusia sebagai daerah bebas frambusia tahun 2023 oleh Kemenkes RI.

3. kabupaten Pulau Morotai meraih penghargaan 10 kabupaten/kota terbaik dalam pemberian makanan tambahan (PMT) lokal oleh kemenkes RI.

4. Kabupaten Pulau Morotai meraih sertifikat bebas malaria oleh Kemenkes RI

5. 4 (empat) puskesmas di kabupaten Pulau Morotai meraih akreditasi sertifikat paripurna dari Kemenkes RI yaitu puskesmas Sabatai, puskesmas Daruba, puskesmas buho-buho, dan puskesmas tiley, 4 (empat) puskesmas ini merupakan puskesmas pertama di provinsi Maluku Utara yang meraih kelulusan paripurna.

6. kabupaten Pulau Morotai dengan capaian indeks keluarga sehat ( IKS) tertinggi Se provinsi Maluku Utara.

7. jumlah desa meraih open devacation free ( ODF) atau desa stop buang air besar sembarangan sebanyak 20 (dua puluh) Desa

6. Untuk kesediaan sarana prasarana dan alat kesehatan kabupaten Pulau Morotai memiliki 12 bangunan puskesmas sesuai standar prototipe Kemenkes RI atau sebanyak 92% dari total 13 puskesmas.


Sementara itu, dikesempatan yang sama Pj. Bupati Pulau Morotai M. Umar Ali SE. mengatakan," Hari kesehatan Nasional tahun 2023 di Morotai diperingati dengan tema tranformasi kesehatan untuk Indonesia maju, ini bukan sekedar Jargon akan tetapi kita mencatatkan sejarah bahwa morotai bisa memajukan pelayanan kesehatan, untuk itu lewat kesempatan yang baik ini, kami haturkan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga mendiang sultan haji Mudaffar Sjah beserta para pembesar kesultanan Ternate yang mengijinkan nama mendiang sultan disematkan pada RSUD kedua di Morotai ini," Ucapnya"

Bupati melanjutkan," Kita telah dengar dan saksikan bersama capaian-capaian kebijakan di bidang kesehatan yang di Ganjar dengan penghargaan baik di tingkat nasional maupun Regional, semua yang kita peroleh hari ini tentu melalui proses yang sulit, berkat kerjasama, konsistensi dan dedikasi bapak/ibu sekalian yang bergerak dalam pelayanan maupun manajerial untuk menghadirkan dan melampaui Standar,"terangnya",


"RSUD Mudaffar Sjah adalah hadiah terbaik untuk masyarakat morotai jaya, kami titipkan untuk dijaga martabatnya, dioperasionalkan dengan hati yang tulus demi pelayanan dan kemanusiaan, kami juga menghimbau kepada masyarakat morotai jaya, .mari kita jaga Dokter, Perawat, Bidan dan semua para tenaga medis sehingga merasa aman di tengah-tengah masyarakat morotai jaya,"pintanya,"


" Pemda Morotai masih terus  mengupayakan pemenuhan SDM kesehatan untuk mencukupi kebutuhan di lini depan pelayanan maupun di Rumah sakit. kita semua yang hadir di sini adalah saksi pelaku sejarah kehadiran Rumah sakit pertama di Morotai jaya,"Tutupnya".


Setelah memberikan sambutan, PJ. Bupati Morotai M. Umar Ali SE, didampingi Forkopimda menekan sirene, pemotongan pita dan dilanjutkan peninjauan fasilitas RSUD Mudaffar Sjah.


Diketahui hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Pj Bupati Pulau Morotai Bpk Umar Ali SE, Dandim 1514/ Morotai Letkol Arh Masykur Akmal S.T.,M.T, Kepala RSUD Sultan H Mudaffar Sjah Drg. Irmawati Rangka, Perwakilan Lanal Morotai dan Lanud Leo Wattimena,Para Asisten Setda Morotai, Para pimpinan OPD, Camat Morotai Jaya, Para Nakes, Kapospol Morotai Jaya, Babinsa Desa Pangeo, dan masyarakat seputaran Morotai Jaya *(JK) (*)

Lebih baru Lebih lama