Rumah Salah Satu Warga di Muna Barat Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Ditaksir 200 Juta

Sambar.id, Muna Barat, Sultra - Nahas, rumah salah satu warga Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dilalap api (Si jago merah) pada Kamis, (8/6/2023).

Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah, Jainal Apandi (81) bersama sang istri, Wa Ode Hasina (59), sedang keluar mencari nafkah sebagai petani.

Sekira kurang lebih pukul 06.30 WITA, warga bernama Ferdi saat melintas di depan rumah Jainal Apandi (81) melihat gumpalan asap yang berasal dari dapur korban, namun dia mengira korban sedang membakar sampah di belakang rumahnya. 

Pada pukul 06.40 WITA, Ninik Yuliana yang merupakan tetangga korban, melihat asap tebal menggumpal yang berasal dari dapur korban. Tidak berselang lama api membesar dan membakar seluruh bagian rumah korban. 

Dalam kejadian kebakaran tersebut, tidak ada satu barang apa pun yang dapat diselamatkan, diduga kejadian kebakaran bersumber dari korsleting listrik. 

Akibat kebakaran tersebut, Jainal Apandi mengalami Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp. 200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah).
Kepala Desa (Kades) Suka Damai, Kadek Resana, SP mengatakan, ia turut prihatin dengan kejadian tersebut. Ia juga telah menyampaikan Sekdes dan para perangkat desanya, agar segera mencarikan rumah tinggal sementara untuk Jainal Apandi bersama istri dan tiga orang anaknya.

"Sementara saat ini korban beserta sang istri dan anak, ditempatkan di Kantor Urusan Desa (KUD) lama. Pemerintah desa beserta masyarakat turut peduli memberikan fasilitas untuk meringankan beban korban," ungkap Kades Suka Damai saat dikonfirmasi via selulernya pada Kamis, (8/6/2023).

Dalam peristiwa ini, pihak Pemda Muna Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos), menurunkan Tim Tagana untuk menyalurkan bantuan terhadap korban. 

Kades Suka Damai melanjutkan, dengan kejadian ini, Pemda Mubar diharapkan dapat memperhatikan korban, agar bagaimana korban dengan cepat membangun rumahnya.

"Dengan kejadian ini kita harapkan agar korban beserta keluarganya siap menerimanya, dan tawakal, mungkin ini ujian dari Tuhan yang Maha Kuasa. Mungkin dibalik kejadian ini nanti ada rezeki yang lebih baik darinya," ungkapnya.

Reporter : Laode Abubakar
Lebih baru Lebih lama