Andi Muhammad Yusuf Ajak ASN Tingkatkan Pola Kerja Berbasis Komptensi

Pose CPNS bersama Pj Bupati Buteng, Dr Andi Muhammad Yusuf, usai dikukuhkan, Rabu (07/06/2023). (Hanif/Sambar.Id)

Sambar.Id, Buton Tengah, Sultra - Tuntutan publik akan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi lebih profesional tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kualitas dan kapasitasnya. Hal ini sebagai bentuk upaya menggeser paradigma masyarakat selama ini terhadap birokrasi dan layanan publik yang dirasa kurang.

Ungkapan itu disampaikan oleh Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr Andi Muhammad Yusuf, dalam acara pengambilan sumpah janji jabatan 60 orang PNS dan 41 orang jabatan fungsional kesehatan lingkup pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng)yang bertempat digedung kesenian Lakudo, Rabu, (07/06/2023).

"Untuk itu saya pesankan kepada saudara agar ikut membangun dan menjaga citra PNS dengan bekerja sebaik mungkin," ucap Andi Muhammad Yusuf.

"Saudara harus mampu menunjukan figur PNS yang berkualitas dan profesional,"sambungnya

Dengan diambilnya sumpah jabatan, lanjutnya, merupakan awal memasuki gerbang era dinamisasi yang cenderung distruktif dengan keberadaannya sebagai the real of agent of change.

Terlebih dengan hadirnya era revolusi industri keempat atau 4.0, serta generasi manajemen kelima yakni networking management, semua harus mampu memainkan peran-peran ASN smart.

"Smart ASN adalah mereka dengan predikat tinggi, mampu menguasai teknologi dan informasi, berjiwa melayani, memiliki mentalitas wirausaha, jaringan luas dan keramahtamahan," katanya.

Karenanya untuk bisa menjawab tantangan itu, perlu ada yang namanya pola kerjasama tim yang baik, yang tidak hanya berdasarkan pada struktur hirarkis semata.

"Pola kerja yang dikembangkan kedepan adalah pola kerja yang berbasis kompetensi berbasis tim," terangnya.

Olehnya itu, ia berpesan kepada seluruh CPNS lingkup pemkab Buteng yang baru diambil sumpahnya, khususnya yang baru dikukuhkan menjadi PNS untuk dapat menjalankan fungsi dan perannya secara profesional, disiplin dan bertanggung jawab.

"Perlu saya tekankan bahwa keberadaan saudara-saudara untuk memastikan ada peningkatan terhadap mutu pelayanan publik. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak berlebihan kalau kita mulai dari hal kecil seperti hadir tepat waktu," kunci Andi

Penulis : Hanif

Lebih baru Lebih lama